MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR TENTANG FAKTOR KEMISKINAN DAN CARA MENGATASINYA

KATA PENGANTAR
 



Assalamu’alaikumwr.wb
Syukur Alhamdulillah penyusun ucapkan kehadirat  Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga penulis dapat menyusun makalah ini, yang berjudul "FAKTOR KEMISKINAN DAN USAHA" tepat pada waktunya. Shalawat dan salam kita sanjung pujikan kepada Nabi Besar Muhamad SAW yang telah membawa kita dari alam jahiliyyah ke alam yang penuh ilmu pengetahuan ini.
Penulis menyadari bahwa di dalam pembuatan makalah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini. Penulis juga menya dari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik dan saran dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.
Akhir kata,  penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca.
Wassalam.

Banda Aceh, 15 Januari 2015


Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...................................................................................................... i
DAFTAR ISI..................................................................................................................... ii
BAB I .... PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang............................................................................................. 1
1.2    Tujuan Penulisan.......................................................................................... 1
BAB II... PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Kemiskinan................................................................................. 2
2.2  Budaya dan Kemiskinan............................................................................... 3
2.3  Faktor-Faktor Timbulnya Kemiskinan.......................................................... 4
2.4  Dampak Kemiskinan..................................................................................... 5
2.5  Usaha-Usaha Mengatasi Kemiskinan............................................................ 7
BAB III   PENUTUP
3.1 Kesimpulan................................................................................................... 10
3.2 Saran............................................................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................... 11







BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Kemiskinan dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang tidak sanggup untuk memelihara dirinya sendiri yang sesuai dengan taraf kehidupan kelompoknya dan juga tidak mampu untuk memanfaatkan tenaga mental maupun fisiknya dalam kelempok tersebut.
Kemiskinan muncul sebagai problema sosial, pada waktu itu orang sadar akan kedudukan ekonominya sehingga mereka mampu mengatakan apakah dirinya miskin atau kaya. Pada masyarakat yang masih sederhana susunan-susunan dan organisasi kemiskinan bukan merupakan masalah sosial  karena mereka menganggap semuanya sudah di takdirkan, sehingga usaha-usaha untuk mengatasi kemiskinan tidak terlalu mereka perhatikan, kecuali jika mereka betul betul menderita karenanya.
Pada masyarakat modern yang kompleks kemiskinan sudah menjadi masalah sosial.Seorang merasa miskin bukan karena kurang makan, pakaian atau perumahan tapi harta miliknya dianggap kurang cukup untuk memenuhi taraf taraf kehidupan yang ada.Kemiskinan menimbulkan dampak yang sangat luas dalam kehidupan manusia dan alam.Pemerintah harus mampu mendorong kemajuan ekonomi negara dengan berbagai macam kebijaksanaan.Selain itu, individu dari setiapa anggota masyarakat pun harus yakin untuk dapat mengubah hidupnya menjadi lebih baik dan sejahtera.


1.2  Tujuan Penulisan
Makalah tentang faktor-faktor kemiskinan dan usaha untuk mengatasinya ini bertujuan agar setiap pembaca dapat memahami konsep kemiskinan dalam masyarakat. Penulis berharap agar pembaca dapat memahami benar kemiskikin yang kerap kali terjadi dalam lingkungan sekitarnya dan dapat menganalisis apa penyebab terjadinya kemiskinan tersebut. Kemiskinan dalam masyarakat pastilah memiliki dampak, baik damapak itu berupa hal yang positif ataupun negatif. Melalui makalah ini, penulis berharam para pembaca dampak menyadari dampak yang ditimbulkan oleh kemiskinan sehingga para pembaca dapat memberikan solusi-solusi untuk mengatasi kemiskinan yang merajalela ini. Selain tujuan-tujuan yang telah penulis jelaskan di atas, makalah ini juga bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah IBD.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Kemiskinan
            Kemiskinan merupakan salah satu masalah yang dipunyai oleh manusia, yang sama tuanya dengan usia kemanusiaan itu sendiri, dan implikasi permasalahannya dapat dilibatkan ke seluruh aspek kehidupan manusia, tetapi sering tidak disadari kehadirannya sebagai masalah. Dalam kehidupan sehari-hari kemiskinan adalah sesuatu yang nyata bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang mengalaminya. Bahkan bagi masyarakat  yang tidak mengalaminya pun, dapat mengeetahui betapa menderitanya hidup dalam kemiskinan. Kemiskinan pada umumnya timbul di negara-negara berkembang.Masalah kemiskinan ini menuntut adanya upaya pemecahan masalah secara berencana, terintegrasi dan menyeluruh dalam waktu yang singkat. Upaya pemecahan kemiskinan tersebut sebagai upaya untuk mempercepat proses pembangunan yang selama ini sedang di laksanakan. [1]

UNTUK MENDAPATKAN MAKALAH SECARA LENGKAP SILAHKAN DOWNLOAD DISINI



[1] Abu Ahmadi, Ilmu Sosial Dasar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991), hlm. 344


EmoticonEmoticon

google4d1ad84db60295b5.html