Makalah Ushul Fikih tentang 'Amm dan Khass


BAB I
       PENDAHULUAN



     A. Latar Belakang
            Untuk menggali hukum terutama hukum syariah, tidak terlepas dari pembahasan kebahasaan karena hampir delapan puluh persen penggalian hukum syari’ah menyangkut lafazh. Sebenarnya, lafazh-lafazh yang menunjukkan hukum harus jelas dan tegas supaya tidak membingungkan para pelaku hukum. Namun dalam kenyataannya, petunjuk (dilalah)lafazh-lafazh yang terdapat dalam nash syara’ itu beraneka ragam. Bahkan, ada yang kurang jelas (khafa).
            Diantara dari lafazh-lafazh tersebut adalah lafazh ‘am, dan khas, yang akan dibahas pada pembahasan selanjutnya. Lafazh 'am ini adalah menurut kepada bentuk dari suatu lafazh, di dalam lafazh itu tersimpul, atau masuk semua jenis yang sesuai dengan lafazh itu. sebagaimana kita katakan al insan (manusia), maka di dalam kata-kata al insan ini termasuk semua manusia yang ada di dunia ini, baik manusia kecil maupun manusia besar, baik dia merdeka maupun dia masuk golongan budak, baik dia bebas maupun dia terikat.
            Adakalanya lafazh umum itu ditentukan dengan lafazh yang telah disediakan untuk itu, seperti lafazh “kullu, jami’u”, dll. Di samping lafazh umum, terdapat pula suatu lafazh yang menunjukkan kepada khusus. lafazh khusus ini adakalanya dipergunakan untuk seorang atau barang atau hal tertentu, seperti Abdullah, atau seperti radio dll. Berarti lafazh khas ini bisa dikatakan sebagai lafazh yang tidak meliputi mengatakannya sekaligus terhadap dua sesuatu atau beberapa hal tanpa menghendaki kepada batasan.









 B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.  Apa definisi dari ‘am dan khas ?
2.  Apa jenis-jenis ‘am dan khas ?
3.  Bagaimana contoh ‘am dan khas
  C. Tujuan Penulisan
            Tujuan utama dari penyusunan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah ushul fiqh II  




















BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian ‘Am
            ‘Am menurut bahasa ialah ‘merata, yang umum’ sedang menurut istilah ialah lafal yang meliputi pengertian umum terhadap semua apa yang termasuk dalam pengertian lafal itu, dengan hanya disebut sekaligus.[1]  Lafazh ‘Am ialah suatu lafazh yang menunjukkan satu makna yang mencakup seluruh satuan yang tidak terbatas dalam jumlah tertentu. Para ulama Ushul Fiqh memberi definisi ‘am antara lain sebagai berikut:[2]
            Menurut ulama Hanafiyah lafazh ‘am ialah setiap lafazh yang mencakup banyak, baik secara lafazh maupun makna. Menurut ulama Syafi’iyah, diantaranya Al-Ghazali menyebutkan bahwa lafazh ‘am ialah satu lafazh yang dari satu segi menunjukkan dua makna atau lebih.
1. Pembagian ‘Am

‘ Am terbagi atas tiga macam[3]:

a. ‘Am yang tetap dalam keumumannya (al-‘am al-baqi ‘ala ‘umumih).

            Qadi Jalaluddin al-Balqini mengatakan, ‘ am seperti ini jarang ditemukan, sebab tidak ada satu pun lafaz ‘am kecuali di dalamnya terdapat takhsish (pengkhususan). Tetapi Zarkasyi dalam al-burhan mengemukakan, ‘am demikian banyak terdapat dalam al-Quran.

b. ‘am yang dimaksud khusus (al-‘am al-murad bihi al-khusus)
           
Contohnya:

                                                                
              (QS.Ali Imran: 3(9   الْمِحْرَاب   فَنَادَتْهُ الْمَلَائِكَةُ و هُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي فِي                                                  
Yang memanggil zakaria di sini adalah jibril sebagaimana terlihat dalam qira’ah ibn mas’ud

c. ‘am yang dikhususkan (al-‘am al-makhsus)


            ‘am macam ini banyak ditemukan dalam al-quran seperti:

            
                                                                  (QS.Ali Imran: 97) وَلِلَّه على الناس حج البيت من إستطاع إليه سبيلا                                               


                                                                                                              
                                                                                                                                                                                                                                   2.    Macam-macam lafal ‘Am
a. lafal kullun, jami’un, kaaffah, ma’asyar (artinya seluruhnya). Masing-masing lafal tersebut meliputi segala yang menjadi mudhaf ilaihi dari lafal-lafal itu. Contohnya:


1.)    Kullun

كل نفس ذائقة الموت                                                                                                                                 

“Tiap-tiap (seluruh) yang berjiwa akan merasakan mati.”(Q.S.Ali Imran [3]: 185)
2.)      Jami’un

هو الذي خلق لكم ما في الأرض جميعا                                                                                                            
“Dialah Allah yang menjadikan bagimu apa-apa yang ada dibumi, semuanya.” (Q.S.al Baqarah [2]: 29)
3.)      Kaaffah

و ما أرسلناك إلآ كافة للناس                                                                                                                        
“Dan kami tidak mengutusmu melainkan kepada seluruh manusia.” (QS. Saba’ [34] : 28)
4.)      Ma’syar

                                                   
                        يا معشر الجن والإنس ألم يأتكم رسل منكم                                                                                                                                                       
“Hai sekalian jin dan manusia ! Apakah tidak pernah datang kepadamu rasul-rasul dari golongan-mu?” (QS. Al-An’am [6] : 130)
b.  Isim Istifham ialah man (siapa), ma (apa), aina (dimana), ayyun (siapakah), dan mata (kapan).
Contohnya:
1.)       Man (siapa)

من ذا الذي يقرض الله قرضا حسنا                                                                                                                 
“Siapakah yang mau berpiutang kepada Allah dengan piutang yang baik?” (QS. Al-Baqarah [2] : 245)

2.)       Ma (apa)

ما سلككم في سقر                                                                                                                                    
“Apa sebab kamu masuk neraka?” (QS. Al-Mudatsir [74] : 42)
3.)       Ayyun (siapakah)

قال يا أيها الملؤا أيكم يأتيني بعرشها قبل أن يأتوني مسلمين                                                                                      
ia berkata “Siapakah diantara kamu yang bisa membawa singgasana kerajaannya (Bilqis) ke hadapanku sebelum mereka datang berserah diri.” (QS. An-Naml [27] : 38)
4.)       Mata (kapan)

متى نصر الله ألآ إن نصر الله قريب                                                                                                                
“Kapan datangnya pertongan Allah? Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu sangat dekat.” (QS. Al-Baqarah [2] : 214)
5.)       Aina (dimana)
أ ين مسكنك                                                                                                                                           
“Dimanakah tempat tinggalmu?”
c.  Isim syarat, seperti man (barang siapa), ma (apa saja), dan ayyun (yang mana saja)
     Contohnya:
1.)  Man (barang siapa)

من يعمل سوءًا يجز به                                                                                                                              
                                                                                                                                        
 Barang siapa mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi pembalasan karena kejahatan itu.” (QS. An-Nisa’ [4] : 123)
2.)    Ma (apa saja)

و ما تنفقوا من خير يوف إليكم و أنتم لا تظلمون                                                                                                   
        “Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan di jalan Allah, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup dan sedikitpun kamu tidak akan dianiya.” (QS. Al-Baqarah [2] : 272)
3.)     Ayyun (mana saja) ; ayyuma (siapa saja)

اياما تدعوا فله الأسماء الحسنى                                                                                                                     
 
“Dengan apa saja kamu seru Dia, maka ia mempunyai nama-nama yang baik.” (QS. Al-Isra’ [17] : 110)

d.   Isim Mufrad yang makrifat dengan alif lam (al) atau idhafah:

1.)   Isim Mufrad yang makrifat dengan alif lam (al)

و أحل الله البيع و حرم الربى                                                                                                                       
“Allah telah menghalalkan jual beli dan mengaharamkan riba.” (QS. Al-Baqarah [2] : 275)

2.)   Isim Mufrad yang makrifat dengan idhafah

السارق والسارقة فقطعوا أيديهما                                                                                                                    
“Pencuri laki-laki dan pencuri perempuan hendaklah potong tangannya.”(QS. Al-Maidah [5] : 38)

e.    Jama’ yang dita’rifkan (makrifat) dengan alif lam atau dengan idhafah:
1.) Makrifat dengan alif lam (al)

إن الله يحب المستقيم                                                                                                                                  
“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang lurus.” (QS. Al-Maidah [5] : 42)
2.) Makrifat dengan idhafah :

حرمت عليكم أمهاتكم                                                                                                                                

“Diharamkan bagimu (mengawini) ibu-ibumu.” (QS. An-Nisa’ [4] : 23)
f.     Isim Nakirah yang terletak sesudah Nafi :

و اتقوا يوما لا تجزي نفس عن نفس شيئا                                                                                                          
“Jagalah dirimu dari (azab) hari (kiamat) yang pada hari itu, seorang pun tidak dapat membela orang lain walau sedikit pun.” (QS. Al-Baqarah [2] : 48)
g.    Isim maushul (alladzi, alladziina, allatina, ma)

إن الذين يأكلون أموال اليتامى ظلما إنما يأكلون في بطونهم نارا                                                                               
“Sesungguhnya orang-orang yang makan harta anak yatim dengan aniaya, benar-benar orang itu makan apa pada perut mereka.” (QS. An-Nisa’ [4] : 10)





3.  Kaidah ‘Am

إ ذا ورد العام على سبب خاص فالعبرة بعموم اللفظ لا بجصوص السبب
          “Apabila ‘am datang karena sebab khash, yang dianggap adalah umumnya lafal, bukan khusunya sebab”
            Karena perintah ibadah kepada seluruh hamba Allah hanya dengan lafal yang datang dari Syar’i padahal lafal ini umum, misalnya jika menjumpai suatu hadits Nabi Saw. yang merupakan jawaban atas sesuatu pertanyaan, tiba-tiba kita lihat bahwa jawaban itu menggunakan perkataan (lafal) yang memberikan pengertian umum pula, maka tidak usah kita kembalikan kepada sebab timbulnya hadits tersebut. Dalam hal ini kita mengambil kesimpulan hukum dari hadits tersebut.
            Contoh :
Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw :
فإن توضأنا به عطشنا أفنتوضأ بماءالبحر’ فقال ص م ل هوالطهورماءوه والحل ميتته
“Hai Rasulullah! Bahwasanya kita ini sedang mengarungi lautan, sedangkan bekal air hanya sedikit. Kalau berwudhu dengan air ini, tentu kita akan kehabisan air, apakah kita boleh berwudhu dengan air laut? Nabi saw. lalu bersabda: “Laut itu airnya suci dan bangkai binatangnya halal (dimakan).”
            Jawaban itu seolah-olah diberikan karena terpaksa (darurat), hingga andaikata tidak ada keadaan yang serupa maka hukum air laut dan bangkai binatangnya tidak demikian. Akan tetapi, sesuai dengan kaidah di atas, maka pengertian jawaban Nabi saw. itu menunjukkan yang ‘am. Hukum itu berlaku, baik dalam keadaan memaksa ataupun tidak, meskipun timbulnya karena ada sebab yang khas, tetapi memberikan pengertian yang umum[4].

B. Pengertian khas

            Khas adalah suatu lafazh yang dipasangkan pada satu arti yang sudah diketahui (ma’lum) dan manunggal. Sedangkan menurut Al-Bazdawi, 

UNTUK MAKALAH LENGKAPNYA DALAM FORMAT MICROSOFT WORLD SILAHKAN DOWNLOAD DISINI



EmoticonEmoticon

google4d1ad84db60295b5.html